Pelajaran dari Christiano Ronaldo ketika menerima sebuah penghargaan, dia mendedikasikan untuk Alberto Fantrau.

Kata Ronaldo "benar saya adalah pemain bola terbaik, tapi semua keberhasilan itu adalah atas jasa besar sahabat saya Alberto Fantrau."

Hadirin saling berpandangan dan bertanya siapakah Alberto Fantrau ini ?

Ronaldo menyambung "kami main bersama dalam tim remaja. Waktu datang pencari bakat dari Sporting Lisbon, mereka bilang siapa yang menjaringkan gol terbanyak akan dipilih masuk akademi kami. Hari itu kami menang 3-0. Gol pertama saya jaringkan. Fantrau membuat gol kedua dengan menanduk kedalam jaring. Gol ketiga adalah yang membuat hadirin terpesona. Fantrau bergerak dari sayap, berhadapan dengan penjaga gawang lawan dan mengocok penjaga gawang yang meninggalkan gawang kosong, kesempatan bagus untuk menjebol gawang. Saat itu saya sedang lari di sisi Fantrau. Dari upaya untuk menjebol gawang kosong, Fantrau malah mengoper bola pada saya dan akhirnya sayalah yang menjaringkan gol ketiga. Dengan itu saya mendapat tempat di Akademi bola Sporting Lisbon. Setelah pertandingan saya bertanya pada Fantrau "apa yang kamu lakukan dengan gol ketiga tadi?" Jawabnya "kamu adalah pemain yang lebih baik dari saya."

Rasa ingin tau para wartawan menyelidiki hingga bisa bertemu Alberto Fantrau. Mereka tanyakan kebenaran kisah yang diceritakan Ronaldo. Beliau tegaskan bahwa itu benar dan selepas pertandingan itu karier Fantrau terus terkubur, dan dia menganggur hingga saat itu. Namun wartawan melihat Fantrau punya rumah mewah dan mobil Mercedes terbaru parkir di garasi, dan mereka bertanya "tanpa kerja bagaimana Anda mampu memiliki semua ini ? Anda tampak nyaman dengan keadaan sekarang."

Alberto menjawab "semua ini adalah dari Ronaldo"

Pelajaran dari kisah ini, berapa banyak yang sanggup berbuat seperti tindakan Ronaldo dan Alberto ?

Sebaliknya banyak diantara kita yang menunjukkan sikap mementingkan diri sendiri dan tidak menghargai bantuan yang diberikan orang lain.

Beranikah kita berubah saling membantu dan bangga atas keberhasilan orang-orang sekeliling kita ?

Apabila kita berhasil, bersyukurlah dan jangan jadi kacang lupa kulitnya. Setiap orang yang terlibat dalam keberhasilan kita jangan lupakan jasa mereka.

Selamat berhasil dan selamat mencoba

Komentar